28 September 2010

Lesson Study Sebagai Pendekatan Pengembangan Profesi Guru

Lesson study at Attached Junior HS of Okayama Uni. in 2009

Lesson study at Attached Primary School of Naruto Uni. in 2000


Lesson study merupakan pendekatan pengembangan profesi yang sudah digunakan secara meluas di Jepang dalam beberapa dasawarsa ini dan sering dihargai sebagai peningkatan pembelajaran yang kokoh bagi masyarakat Jepang ( Stigler and Hiebert 1999). Lesson study mendapatkan perhatian dunia tahun 1999 ketika para peneliti dari the Third International Math and Science Study (TIMSS) mengenalkan laporan penelitian etnografi yg ada saat itu tentang lesson study kepada masyarakat dunia yang lebih luas, dan meyakini lesson study sebagai sebuah cara untuk membangun landasan pengetahuan profesi mengajar dan meningkatkan belajar.

Lesson study terdiri dari beberapa tahapan proses dimana guru harus bekerja sama untuk: merumuskan tujuan belajar siswa dan perkembangan siswa jangka panjang; merencanakan secara kolaboratif pembelajaran yang akan dikaji; melaksanakan pembelajaran tersebut di kelas yang mana salah satu anggota tim/guru mengajar dan anggota tim/guru lainnya mengumpulkan bukti-bukti tentang siswa telah/belum belajar dan perkembangan siswa; merefleksikan dan mendiskusikan bukti-bukti yang telah dikumpulkan selama pembelajaran, menggunakan bukti itu untuk meningkatkan materi pelajaran, pokok bahasan dan proses pembelajaran pada umumnya; dan jika diinginkan, pelajaran yang telah dikaji tersebut dapat diajarkan, diamati dan ditingkatkan kembali dalam satu atu beberapa kelas tambahan/paralel.

..................................................................................................................(Lihat selanjutnya di Lewis, (2009))

Reference:

Lewis, Catherine. (2009). 'What is the nature of knowledge development in lesson study?', Educational. Action Research, 17 ( 1), 95 — 110

Stigler, J.W., and J. Hiebert. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom. New York: Summit Books



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar