Lesson study terdiri dari beberapa tahapan proses dimana guru harus bekerja sama untuk: merumuskan tujuan belajar siswa dan perkembangan siswa jangka panjang; merencanakan secara kolaboratif pembelajaran yang akan dikaji; melaksanakan pembelajaran tersebut di kelas yang mana salah satu anggota tim/guru mengajar dan anggota tim/guru lainnya mengumpulkan bukti-bukti tentang siswa telah/belum belajar dan perkembangan siswa; merefleksikan dan mendiskusikan bukti-bukti yang telah dikumpulkan selama pembelajaran, menggunakan bukti itu untuk meningkatkan materi pelajaran, pokok bahasan dan proses pembelajaran pada umumnya; dan jika diinginkan, pelajaran yang telah dikaji tersebut dapat diajarkan, diamati dan ditingkatkan kembali dalam satu atu beberapa kelas tambahan/paralel.
..................................................................................................................(Lihat selanjutnya di Lewis, (2009))
Reference:
Lewis, Catherine. (2009). 'What is the nature of knowledge development in lesson study?', Educational. Action Research, 17 ( 1), 95 — 110
Stigler, J.W., and J. Hiebert. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom. New York: Summit Books
Tidak ada komentar:
Posting Komentar